Apa Itu Daun Oregano Atau Teh Oregano?



Oregano (diberi nama ilmiah Origanum vulgare oleh Carolus Linnaeus) adalah spesies umum dari Origanum, sebuah genus dari keluarga mint (Lamiaceae). Oregano atau Pot Marjoram (Origanum vulgare) merupakan sebuah tanaman yang biasa ditanam di Mediterania dan Asia tengah dan selatan. Tanaman ini biasanya cocok digunakan untuk membuat makanan seperti pizza dan spaghetti.

Tanaman Oregano

Oregano Kering


Oregano adalah ramuan abadi, tanaman ini memiliki panjang 20-80 cm, dengan daun yang berlawanan 1-4 cm. Oregano akan tumbuh dalam kisaran pH antara 6,0 (agak asam) dan 9,0 (sangat basa) dengan kisaran yang lebih disukai antara 6,0 dan 8,0. Bunga-bunga Oregano berwarna ungu, panjangnya 3-4 mm.

Daun oregano yang biasanya ada di masakan Italia, daun oregano aromanya sangat herbal, dengan kandungan zat besi yang tinggi, antioksidan, mangan, serat serta lemak omega-3. 

Daun oregano bisa juga dibuat teh, sekarang ini teh oregano sudah ada di supermatket Dan kini teh oregano mulai beken serta disajikan dalam wujud yang sama seperti teh yang biasa Anda konsumsi.

Sutterstock.com

Apakah penyajiannya sama?
Ternyata agak berbeda dari penyajian teh biasanya. Teh oregano boleh diseduh dengan air panas yang mendidih, tetapi ia tak boleh dimasak di dalam air mendidih. Berikut adalah cara penyajiannya.
Bahan:
1,5 sdt teh oregano
400 ml air panas
2 sdt madu
Cara membuatnya:
  • Tuang teh oregano ke dalam air panas, kemudian biarkan selama 5 menit.
  • Dalam dua cangkir yang berbeda, bagi madu dalam jumlah yang sama.
  • Tuangkan sambil disaring teh oregano yang sudah mulai mekar di air. Nikmati selagi hangat. Jangan lupa ya, seduh dengan air panas, tetapi jangan dididihkan langsung di atas api. 
Sumber: Female.com, dapurpunyaku

0 Response to "Apa Itu Daun Oregano Atau Teh Oregano?"

Post a Comment